10 Lagu Jazz Barat Enak Didengar Sepanjang Masa

Lagu Jazz Barat Enak DidengarLagu jazz barat enak didengar merupakan lagu lagu yang memiliki tingkat musikalitas yang sangat tinggi. Lagu jazz memang sudah sangat terkenal sebagai lagu yang sangat rumit untuk dinyanyikan dibandingkan dengan lagu lagu dengan genre yang lainnya seperti pop, rock, reggae dan lainnya. Lagu jazz merupakan lagu yang sangat elit, tidak sembarang orang bisa menyanyikan lagu dengan genre tersebut.

Dalam perkembangan zaman, lagu jazz semakin tergerus dengan lagu lagu bergenre yang lainnya. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh faktor semakin sedikitnya orang yang mampu menyanyikan lagu jazz dengan baik, para penyanyi pendatang baru biasanya hanya mampu menyanyikan lagu lagu yang ringan, dan cenderung tanpa tantangan. Padahal lagu jazz merupakan lagu yang membutuhkan kemampuan teknik vokal yang sangat matang.

Berikut ini adalah beberapa lagu jazz barat enak didengar yang disarikan dari ddaftar lagu jazz yang dinilai sebagai lagu jazz yang terbaik sepanjang masa.


1. John Coltrane dengan lagu A Love Supreme
Lagu A Love Supreme merupakan salah satu lagu yang merupakan karya terbesar yang pernah diciptakan oleh seorang John Coltrane, hal tersebut dinilai dari kemampuannya yang dapat menyatukan kepekaan bop keras pada awal karir dengan gaya free jazz yang diadopsi kemudian.

2. Miles Davis dengan lagu Kind of Blue
Lagu Kind of Blue mulai dirilis pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1959 di Amerika Serikat, tepatnya di Columbia Records. Lagu ini juga dinilai sebagai karya terbesar yang pernah diciptakan oleh seorang Miles Davis. Sehingga, dalam perjalanan karir bermusiknya, Album di mana lagu Kind of Blue ini berada menjadi album milik Miles Davis yang paling terkenal.

3. Thelonious Monk dengan lagu Brilliant Corners
Brillian Conners sebenarnya merupakan sebuah album yang dirilis pada tahun 1957. Album tersebut adalah album yang ke tiga milik Thelonious Monk yang berlabel Riverside. Pada perkembangannya, tepatnya pada tahun 2003 lagu tersebut menjadi salah satu rekaman yang dipilih oleh Library of Congress yang kemudian ditambahkan kepada National Recording Registry.

4. What a Wonderful World - Louis Armstrong
Ini merupakan lagu yang benar indah, hanya dengan mendengarkan lagu ini akan membuat anda sangat senang dterhibur dengan lirik yang indah, alunan musik yang bagus, dan suara yang merdu.

5. Take Five - Dave Brubeck
Ini adalah pertama kalinya orang kulit putih telah menciptakan jazz sukses modern.

6. My Favorite Things - Dave Brubeck
Merupakan salah satu judul lagu sekaligus nama album terbaik buah karya komposer Dave Brubeck. Dalam album ini juga terdapat lagu-lagu bagus lainnya seperti Over and Over Again, This Can't Be Love, dan juga My Romance.

7. All Blues - Kenny Burrell
Lagu ini merupakan salah satu lagu jazz terbaik yang pernah dinyanyikan beberapa musisi top dunia selain Kenny Burrell, Bill Evans, Cannonball Adderley, John Coltrane, dan juga Jimmy Cobb. Ini salah satu album jazz yang paling populer sepanjang masa dan disarankan sebagai titik awal bagi orang-orang masuk ke dunia musik jazz.

8. Birdland - Maynard Ferguson
"Blue Birdland" adalah lagu nomor 1 dalam album Big Bop Nouveau.

9. So What - Miles Davis
 Siapa yang tidak kenal Miles Davis? Seorang musisi jazz sekaligus kompser kelahiran Illinois, Amerika Serikat ini dianggap sebagai salah satu musisi  paling berpengaruh dari abad ke-20. Salah satu lagu terbaiknya adalah So What.

10. Lush Life - John Coltrane & Johnny Hartman

Demikianlah beberapa lagu jazz barat enak didengar yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan telah mendapatkan berbagai macam penghargaan atas prestasi yang telah diraihnya.